Lulus Tes CPNS Kejaksaan RI Setelah Selesai Kuliah dari Universitas STEKOM

Assalamualaikum, Perkenalkan nama saya Muh. Mei Andra Kusuma, biasa dipanggil Andra, kali ini saya akan menceritakan cerita inspiratif yang penuh perjuangan dari saya. pertama, perjalanan studi kuliah saya semenjak lulus dari bangku SMA tidak mudah dan tidak mulus, saya lulus dari bangku SMA pada tahun 2016. lalu lanjut kuliah di UIN semarang 2017 dan itu hanya berlangsung selama 2 semester di prodi Ekonomi syariah, pada saat itu saya memutuskan tidak melanjutkan kuliah dikarenakan diterima kerja disebuah perusahaan besar dan ternama di jakarta, yaitu PT. Paragon Technology Innovation, sebagai operator quality control.

Disitu saya bekerja sambil berkuliah lagi dan mengambil kelas karyawan di salah satu kampus swasta di kota jakarta, singkat cerita pada tahun 2020 awal saya genap 4 semester berkuliah dan genap 2 tahun bekerja diperusahaan tersebut, kemudian terjadilah wabah covid yang melanda seluruh dunia termasuk indonesia.


Tentunya hal tersebut sangat berdampak masif yang melumpuhkan berbagai sektor dan bidang termasuk pendidikan dan industri. Disitu ketidakberuntungan saya tepat habis kontrak kerja dengan perusahaan saya dengan alasan covid 19, kontrak saya tidak diperpanjang, saat itu saya memutuskan untuk pulang kampung dan drop out dari kuliah saya di semester ke 4 dikarenakan faktor pembiayaan. Apalagi saat covid mencari kerja susah, kemudian saya putuskan untuk pulkam dan membantu orang tua untuk berjualan dirumah.

Dengan dukungan orang tua sekali lagi untuk ketiga kalinya saya putuskan lanjut studi kuliah lagi di Universitas STEKOM Weleri pada tahun 2020 dan lulus pada tahun 2023 dengan mengambil Prodi D3 Teknik Komputer. Alhamdulillah saya menyelesaikan studi dengan predikat cumlaude  dan wisuda mendapatkan Piagam Penghargaan Wisudawan Terbaik ke-2 Tingkat Prodi D3 Teknik Komputer dengan IPK 3.70.


Saya sangat bersyukur sekali ucap alhamdulillah akhirnya saya bisa menyelesaikan studi dengan tuntas lalu bisa membuat bahagia dan bangga  kedua orang tua saya yang terus memberikan dukungan dan doa.

Singkat cerita setelah lulus pada bulan agustus 2023 saya mulai mencari-cari loker,  tidak sengaja ada pendaftaran CPNS Kejaksaan RI pada bulan september, kebetulan prodi D3 Teknik Komputer masuk memenuhi syarat administrasi untuk formasi Pengelola Barang Bukti Instansi Kejaksaan RI, singkatnya saya mulai persiapan untuk tes SKD CAT (Seleksi Kompetensi Dasar) dengan waktu sebulan mepet saya belajar TWK, TIU dan TKP lewat buku dan tayangan video.

Setelah itu saya melaksanakan tes di semarang dan lulus SKD, memenuhi nilai Passing grade dengan Skor 390, dari 20 ribu lebih peserta hanya 4 ribu peserta saja yang memenuhi syarat melanjutkan ke tahap SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) di Kota Yogyakarta, disana dikumpulkan semua peserta terbaik mulai dari lulusan UGM, UNDIP, UNY, POLINES, IPB, UNS dll membuat saya tidak gentar walaupun dari lulusan kampus swasta Universitas STEKOM, saya hanya berbekal kemantapan jasmani rohani, persiapan matang dan doa dukungan orang tua yang menjadikan saya percaya diri.


Kemudian lanjut ke tes SKB yang meliputi Tes Kesehatan (Lengkap mirip TNI-Polri), Tes Psikotes, Tes MMPI, Tes Praktek Kerja (word, excel dan Power Point), Wawancara psikologi, wawancara Pimpinan dan yang terakhir tes SKB CAT. Dari keseluruhan tes Alhamdulillah saya memenuhi syarat semua tes SKB dan dinyatakan Lulus P/L semua tahapan tes, dan mendapatkan peringkat 200 dari 1000 peserta yang lolos untuk ke tahap pemberkasan usulan NIP. Semua tahapan tes tidak mudah, sangat sulit, menguras banyak energi dan pikiran.

Akan tetapi perjuangan, pengorbanan, usaha, doa dan dukungan orang tua menjadikan saya lebih mantap dan percaya diri menghadapi tes tersebut sehingga bisa tembus seleksi CPNS Kejaksaan RI Tahun 2023.



Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to info@stekom.ac.id

Support Syawaludin Subekti
6281215484296
Support Eko Haryono
6285540431346
Hello! Ada yang bisa saya bantu?
×
Hubungi kami ? 950